BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

Salah satu permasalahan yang cukup krusial implementasi BPJS Kesehatan adalah membludaknya pasien. Membludaknya pasien BPJS Kesehatan ini mengakibatkan timbulnya antrian yang cukup panjang sehingga terkesan pelayanan pasien BPJS Kesehatan lambat. Banyak pasien peserta BPJS Kesehatan mengeluhkan mengenai antrian panjang saat berobat pada rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Disisi rumah sakit, antrian panjang yang timbul karena membludaknya pasien ini juga menjadi permasalahan tersendiri. Tenaga medis yang tersedia kadang menjadi kewalahan untuk dapat melayani dengan cepat semua pasien BPJS Kesehatan tersebut. Sistem yang tersedia dalam pelayanan BPJS memang menjadi penyebab utama timbulnya antrian panjang tersebut. Dalam melakukan olah data, petugas medis masih melakukan input manual data-data pasien BPJS Kesehatan. Input manual pada system komputerisasi BPJS ini memerlukan waktu lama untuk tiap pasien dimana rata rata membutuhkan waktu 5 menit/pasien.

Salah satu cara menanggulangi lambatnya proses administrasi pasien BPJS Kesehatan adalah dengan melakukan bridging system. Bridging system adalah menyelaraskan dua system yang berbeda tanpa adanya intervensi dari masing masing system satu sama lain.

Aplikasi Bridging BPJS Kesehatan

Aplikasi CMSM (Complete Medical Software Management) yang dikembangkan oleh SistemRumahSakit.com telah mendukung proses bridging BPJS, mulai dari pendaftaran pasien hingga proses pencetakan SEP, oleh karena itu proses pencetakan SEP dapat langsung dilakukan di loket pendaftaran reguler tanpa harus menyediakan loket pendaftaran khusus BPJS.

cetak SEP BPJS

cetak SEP BPJS

Dilengkapi Informasi Plafond Pasien
Plafond BPJS

Plafond BPJS

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi CMSM adalah memiliki Informasi Plafond Pasien, tujuan dari fitur ini adalah memberikan informasi secara Real Time berapa nilai biaya yang sudah dihabiskan oleh pasien, dan berapa estimasi biaya klaim yang akan dibayarkan oleh pihak BPJS, dengan demikian pihak rumah sakit dapat ikut berhitung untung-rugi dari pelayanan pasien bersangkutan, jangan sampai rumah sakit melayani pasien tanpa arah sehingga menimbulkan kerugian dimana biaya yang dihabiskan untuk pengobatan ternyata jauh lebih besar dari biaya klaim yang dibayarkan oleh pihak BPJS.

Perkiraan Tarif BPJS

Perkiraan Tarif BPJS

 

^