Apakah itu Java…?

Apakah itu Java..? Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki konsep Object Oriented Programing atau dikenal dengan sebutan OOP, bahasa OOP memiliki karaketeristik Encapsulation (pembungkusan), Polymorphism (Multi bentuk atau berubah bentuk), Inheritance (pewarisan).

It's java

OOP ( Object Oriented Programming ) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi, setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.

Java

Dalam OOP terdapat konsep dasar, yaitu :

  1. Encapsulation (Pembungkusan)

Variabel dan method dalam suatu obyek dibungkus agar terlindungi dari pengguna obyek. Konsep ini pada dasarnya merupakan perluasan dari tipe data struktur.

  1. Inheritance (Pewarisan)

Inheritance adalah penurunan sifat dari Superclass kepada Subclass sehingga apa yang dimiliki oleh Superclass , dimiliki juga oleh Subclass. Class yang mewarsisi disebut superclass, sedangkan class yang diberi warisan disebut subclass. Begitu juga dengan subclass, subclass juga bisa mewariskan atau berlaku sebagai superclass bagi class yang lain yang disebut Multilevel Inheritance.

  1. Polymorphism ( Perbedaan Bentuk )

Polymorphism merupakan kemampuan objek-objek berbeda kelas dalam pewarisan objek untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama dan untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan kepada sebuah objek.

Pada awalnya bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh SUN Microsystem kemudian sekarang diakuisisi dan dikembangkan oleh ORACLE. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan di desktop komputer maupun mobile.

Bukan itu saja, bahasa pemrograman ini juga digunakan untuk hal-hal yang sangat kompleks seperti dalam microcontroller, handphone atau aplikasi interface lainnya. Java tidak tergantung platform/system komputer baik source code maupun hasil kompilasinya, jadi bisa dibilang dapat berjalan baik di windows maupun di UNIX.

Seiring dengan kemajuan zaman, bahasa pemrograman ini berkembang menjadi bermacam-macam, Java EE (Web app), Java SE (Desktop App), Java ME (Mobile), Java FX (Next Generation) dan saat ini aplikasi ini juga kian merambah ke ranah Android dimana pada aplikasinya juga menggunakan bahasa pemrograman Java.

 

 

^