Apa itu MySQL Server

MySQL Server adalah suatu database engine yang awalnya dikembangkan oleh MySQL AB dibawah lisensi GNU GPL (General Public License), Pada tanggal 16 Januari 2008 Sun Microsystems, Inc mengumumkan aksi korporasi – akuisisi terhadap MySQL AB sehingga menjadikan Sun sebagai salah satu perusahaan dengan produk platform open source terbesar seperti Java, OpenSolaris dan akhirnya MySQL.images

Namun berselang setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 20 April 2009 giliran Oracle melakukan akusisi terhadap Sun Microsystems. Sejak saat itu berkembang isu Oracle – yang memiliki produk database yang berkompetisi dengan MySQL – akan mematikan MySQL. Namun sampai sejauh ini hal tersebut belum terbukti.
Kelebihan dari MySQL adalah :

      Memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.Memiliki manajemen memory yang efektif dan dapat dijalankan pada beberapa thread sekaligusSaat ini MySQL sudah dapat berjalan pada platform 64-Bit, dengan demikian proses query yang dijalankan akan semakin efektif dan efisien.MySql server mampu menangani database yang besar. Pengembang MySql server sendiri menggunakan MySql dengan database yang terdiri atas 50 juta arsip. Mereka mengetahui para pemakai MySql server dengan 60.000 tabel dan sekitar 5.000.000.000 (5 Miliar) baris.

MySQL Ver 5 – 64 Bit version memiliki kapasitas maksimal mencapai 4 GigaBytes

      Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.MySql dapat memiliki indeks hingga 64 indeks per table. Konfigurasi indeks terdiri atas 1 – 16 kolom atau bagian dari kolom. Untuk lebar indeks maksimum adalah 1000 byte ( 767 untuk InnoDB)

 

      MySQL memiliki beberapa lapisan security, seperti subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan system perijinan yang mendetail serta sandi/password terenkripsi, dengan demikian data yang disimpan didalam MySQL Server menjadi lebih aman.

 

    MySQL juga mendukung enkripsi Base-64

Dengan kelebihan tersebut diatas, aplikasi yang dikembangkan oleh SistemRumahSakit.com sudah memiliki kemampuan yang memadai dalam menghandle “Big Data Effect” yang terjadi di rumah sakit

^