Pilihan Rumah Sakit Dalam Upaya Pengembangan Teknologi Informasi

Core bisnis rumah sakit adalah medis, biaya investasi tentu akan berpusat pada urusan medis saja, disisi lain rumah sakit sebagai suatu sistem tetap akan membutuhkan adanya Teknologi Informasi dalam menjalankan operasional bisnisnya, maka mau atau tidak mau rumah sakit harus segera menjatuhkan pilihan jenis dan bentuk teknologi seperti apa yang akan digunakannya.

Aplikasi Webbased atau Desktop SIMRS

Adjust

Ada banyak sekali skenario yang dapat dijadikan solusi bagi rumah sakit, setiap solusi tentu akan berbeda antara satu rumah sakit dan rumah sakit lainnya maka dalam hal ini tidak ada yang benar atau yang salah, tergantung kondisi yang ada di internal rumah sakit itu sendiri, namun secara garis besar ada 2 pertanyaan yang harus dijawab oleh manajemen dalam menentukan pilihan tersebut antara lain :

Pertanyaan 1 : Membuat sendiri atau membeli ke pihak ketiga…?

Pertanyaan 2 : Pilih desktop based atau web based…?

Marilah kita mengulas ketiga pertanyaan diatas satu persatu.

Pertanyaan 1 : Membuat sendiri atau membeli ke pihak ketiga…?

Membuat sendiri itu berarti anda harus menyewa system analyst dan programmer, jangan sekali-sekali berharap Staf IT (atau EDP) anda bekerja secara paralel menjadi programmer juga mengingat ada hal lain yang terkadang juga dikerjakan oleh EDP anda, misalkan apabila ada jaringan yang rusak, komputer rusak, printer rusak atau bahkan ketika ada user yang salah entry larinya pastilah ke EDP yang akan disuruh memperbaiki, maka dipastikan EDP anda tidak akan punya waktu yang cukup untuk melakukan programming.

Dari segi biaya (Cost) mari kita hitung asumsikan dengan hitungan minimal untuk gaji System Analyst  5jt/bulan dan programmer junior 4jt/bulan, kemudian kalikan selama 12 bulan, maka biaya yang dibutuhkan selama 1 tahun adalah 108jt selama 1 tahun, pertanyaan selanjutnya : apakah anda yakin dalam waktu 1 tahun software yang anda buat sudah jadi dan bisa digunakan sesuai kebutuhan manajemen….?

Berdasarkan pengalaman SistemRumahSakit.com sudah mengembangkan aplikasi CMSM (Complete Medical Software Management) selama 8 tahun lebih, yang artinya untuk ketersediaan (Availabilty) anda masih butuh waktu 8 tahun lagi supaya aplikasinya layak digunakan di rumah sakit jika anda harus membuat sendiri.

Pertanyaan 2 : Pilih Aplikasi Webbased atau Desktop SIMRS …?

Ketika anda memutuskan untuk membeli, maka anda akan dihadapkan ke pertanyaan kedua yaitu pilih Aplikasi Webbased atau Desktop SIMRS…?, ada perbedaan mendasar antara desktop dan webbased, apabila anda memilih webbased tentu script HTML, PHP, JAVA SCRIPT akan anda dapatkan, karena script tersebut haruslah tersedia di server, anda pasti akan berfikiran bahwa anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan berinovasi melakukan upgrading system yang anda miliki saat itu, pertanyaan selanjutnya adalah : bagaimana dengan keamanan (Security) datanya…?

Logikanya sebenarnya cukup sederhana, ketika anda membeli dan bisa mendapatkan source codenya (secara legal dan bermoral tentunya hehehe…), maka dapat dipastikan Customer (rumah sakit) lain juga mendapatkan hal yang sama seperti yang anda dapatkan, itu berarti source code dimiliki oleh lebih dari 1 rumah sakit, atau mungkin lebih, lantas siapa yang menjamin kerahasiaan source code tadi…? kemungkinan isi source code untuk tersebar akan semakin luas.

Sebagai contoh : android vs iphone dimana environment android lebih terbuka dibanding iphone, maka dari segi keamaan android lebih sering mendapatkan ancaman, terlebih lagi android memiliki jumlah pengguna yang sangat besar yang menjadikannya santapan menggiurkan bagi para technofreak baik yang memiliki motif bisnis, politis atau hanya sekedar iseng belaka.

Pertanyaan tambahan selanjutnya adalah apakah yakin EDP anda memiliki cukup waktu untuk melakukan upgrade sistem, sekalipun anda memiliki script dari sistem yang anda gunakan saat itu….? silahkan dijawab sendiri.

 

Aplikasi Webbased atau Desktop SIMRS



Comments are Closed

^