UDD (Unit Dose Dispensing)

UDD (Unit Dose Dispensing) bukanlah hal baru di sistem farmasi rumah sakit, UDD adalah suatu sistem distribusi obat ke pasien dimana obat diberikan oleh farmasi ke pasien (atau perawat) sudah terbagi menjadi dosis sekali konsumsi.

Kelebihan dari sistem UDD ini adalah mampu menekan jumlah stock yang beredar di pasien rawat inap, sekaligus juga dapat menekan jumlah obat yang direturkan oleh pasien bersangkutan saat pulang, hal ini dikarenakan obat yang hendak dikonsumsi pasien saat itu saja yang diserahkan ke pasien, sedangkan obat yang belum waktunya diminum masih berada di apotek.

Dalam proses UDD obat dikemas diberi etiket dan diletakkan dalam  wadah / plastik dengan warna berbeda untuk mempermudah perawat dalam memberikan obat sesuai waktu yang ditentukan dan untuk menghindari kesalahan dalam jadwal penyerahan obat. Misalkan pagi warna hijau, siang warna biru, malam warna putih, sedangkan warna kuning hanya diberikan dengan kondisi tertentu.

Aplikasi CMSM mampu mendukung konsep UDD (Unit Dose Dispensing) yang diterapkan di rumah sakit, dilengkapi fitur DPO (daftar pemberian obat) Rawat inap dengan fitur ini perawat dapat mengontrol jumlah pemberian obat ke pasien bersangkutan, resep yang dimasukkan oleh dokter akan langsung terhubung ke apotek untuk disiapkan distribusinya sesuai dengan konsep UDD.

Daftar Pemberian Obat (DPO) - UDD (Unit Dose Dispensing)

Setelah perawat memberikan obat ke pasien maka harus memasukkan daftar pemberian obat difitur yang telah disediakan, data tersebut akan tercatat dibagian rekam medis sekaligus dapat pula dilaporkan ke dokter penanggungjawab via gadget (Android) ke dokter bersangkutan.

Apotek Daftar Resep - UDD (Unit Dose Dispensing)

Dengan melakukan implementasi UDD (Unit Dose Dispensing) di rumah sakit, maka rumah sakit tidak perlu menyediakan stok yang berlebih dan kualitas pelayanan pasien pun akan semakin meningkat dimana proses terapi ke pasien benar-benar dapat dimonitoring dengan baik oleh perawat atau dokter penanggung jawab dari lokasi manapun.

Keuntungan lain dari implementasi  UDD (Unit Dose Dispensing) pada rumah sakit adalah arus perputaran transaksi barang juga menjadi lebih cepat, semakin cepat perputaran maka obat expired akan dapat diminimalkan karena jumlah retur obat untuk kembali ke apotek dapat ditekan dengan semaksimal mungkin.



Comments are Closed

^